Pages

Jalan Sehat Memperingati Hari kartini

Posted on 4/17/2011 by SEDULUR-MUSUK

Menyambut Peringatan Hari Kartini, Ikatan Pemuda Kemusuk Lor (IPKL) melaksanakan serangkaian kegitan yang diawali dengan Jalan Sehat sebagai awal pencanangan kegiatan (10/4/2011) yang dilepas Bapak Slamet Sriyanta, selaku kepala dusun Kemusuk lor, dengan rote Star di ruang baca (mading), mengitari Jalan Tegalsari – Jalan Pasar nulis dilanjutkan mengelilingi sekitar dusun di daerah kemusuk dan kembali finish di ruang baca (mading).

Kegiatan Jalan santai berhadiah ini dikuti oleh sejumlah ibu-ibu dan bapak-bapak bahkan banyak anak kecil yang antusias mengikuti kegiatan ini. Hadiah door prize yang cukup menarik perhatian peserta turut mewarnai pencanangan tersebut dengan hadiah utama televisi, serta alat-alat elektronik lainnya dan berbagai undian berhadih hiburan yang disiapkan panitia yang diketuai oleh Solifah. Adapun Tema Jalan Sehat “ Perempuan menatap kedepan ”. Hadir Ketua IPKL Henning sucahya, mengatakan bahwa, mengawali pembukaan pelaksanaan dalam rangka memperingati HUT RA.Kartini Tanggal 21 April mendatang, dalam sejarah pahlawan nasional, sosok Kartini adalah seorang ibu rumah tangga namun tergugah kesadarannya untuk menggerakkan emansipasi kaum perempuan di tanah air.

Menurutnya, tujuan perjuangan Kartini adalah untuk memperoleh persamaan hak dan kewajiban agar sama derajatnya dengan kaum pria, karena kondisi perempuan ketika itu hanya sebatas ibu rumah tangga yang bertugas melahirkan, mengasuh dan membesarkan anak. Namun 132 tahun kemudian, kita patut bersyukur dan ibu-ibu pantas berbangga hati walaupun melalui proses waktu yang panjang, akhirnya perjuangan RA.Kartini berhasil menjadikan kaum perempuan sejajar dengan kaum pria. Artinya, kini kaum perempuan mendapat peluang dan porsi yang sama dengan pria untuk mengabdi, berkarya dan berkiprah di segala bidang dan sector kehidupan, dalam rangka ikut mengisi pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Dikatakan, kegiatan Jalan sehat ini merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh IPKL. Dalam rangka peningkatan peran perempuan, Mudah-mudahan kegiatan Jalan Sehat dengan membawa spanduk dan poster ini, kiranya dapat memberi harapan baru, semangat baru dan membuka paradigm kita semua akan bahaya penyakit bagi generasi kita ke depan.
Akhirnya ia mengucapkan selamat kepada IPKL yang berhasil menggalang pelaksanaan kegiatan ini. Semoga aktualisasi perjuangan kaum perempuan tidak hanya dalam menuntut pengakuan atas eksistensinya saja, melainkan juga adanya pengakuan pihak lain dan siapa saja atas hak dan kewajiban kaum perempuan dalam mengisi, menata dan membangun bangsa dan Negara. (HS)